Pemeriksaan Kesehatan Pekerja untuk Deteksi Dini Sebagai Upaya Promotif dan Preventif

Written by fredymkk on . Posted in Info

 

Sebagai salah satu organisasi di bawah Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Perhimpunan Dokter Kesehatan Kerja (IDKI) bekerja sama dengan Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia, menyelenggarakan seminar “Pemeriksaan Kesehatan Pekerja untuk Deteksi Dini Sebagai Upaya Promotif dan Preventif” dengan menghadirkan narasumber yang kompeten di bidangnya. Pendaftaran Online klik [disini], brosur seminar dapat diunduh [disini].

UU No. 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja, Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No. Per. 02/MEN/1980 tentang Pemeriksaan Kesehatan Tenaga Kerja dalam Penyelenggaraan Kesehatan Kerja, dan peraturan lain mengenai General Medical Check Up (MCU) sebenarnya dibuat dengan tujuan pengawasan terhadap pengusaha untuk memfasilitasinya bagi tenaga kerja.

Pemeriksaan kesehatan sebaiknya dilakukan saat tenaga kerja diterima, disebut Pre Employment MCU, sebagai data dasar sehingga perusahaan mengetahui riwayat kesehatan calon tenaga kerjanya. Hasil pemeriksaan sebelum kerja ini  menjadi dasar pertimbangan apabila timbul keadaan yang tidak diinginkan sampai pada tuntutan karyawan terhadap perusahaan di kemudian hari.

Pemeriksaan kesehatan karyawan rutin dilakukan secara berkala minimal 1 tahun sekali sesuai peraturan perundangan, namun bisa lebih kerap sesuai kebutuhan untuk mengetahui kesehatan para pekerja dan mendeteksi lebih dini penyakit  yang ditimbulkan akibat terpajan bahaya potensial di lingkungan kerja  maupun penyakit akibat gaya hidup yang semakin mengarah pada gangguan metabolik. Sehingga pemeriksaan kesehatan ini perlu dibuat sesuai dengan kebutuhan yaitu Hazard Based Health Examination atau yang belakangan ini dikenal dengan Job Related Medical Check Up.

IDKI Newsflash

Untuk mendukung SKKNI perlu dibentuk Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP). LSP bertujuan untuk menyelenggarakan sertifikasi kompetensi profesi sesuai dengan ketentuan persyaratan nasional maupun internasional. LSP untuk mendukung SKKNI berupa LSP DKKI yaitu Lembaga Sertifikasi Profesi Dokter Kesehatan Kerja Indonesia yang merupakan organisasi independen dan bersifat nirlaba. LSP DKKI ini adalah organisasi tingkat nsional yang pusatnya berkedudukan di Jakarta dengan cabang ditiap propinsi.

Read more...